Langsung ke konten utama

Ngapain Beli Kalau Gak Dibaca?



ngapain beli kalau gak dibaca?

menurut saya, membeli buku adalah tindakan terpuji, meskipun kita hanya membacanya satu dua bab saja, atau tidak sama sekali. karena mungkin saja buku itu akan dibaca oleh anak cucu kita, menjadi warisan yang jauh lebih berharga dari harta.

di rak buku abah saya, banyak sekali buku-buku peninggalan almarhum kakek. saya banyak mengambil manfaat dari buku-buku itu, dari mulai kitab yuridis islam klasik semisal bidayatul mujtahid milik ibnu rusyd, sampai buku di bawah bendera revolusi yang berisi kumpulan gagasan-gagasan bung karno tentang keislaman, muhammadiyah, marxisme, sosialisme, dan nasionalisme. saya tidak tahu apakah almarhum kakek sudah katam membaca semua bukunya.

meskipun saya belum pernah bertemu kakek, saya hanya bisa berdoa, semoga semua berkah ilmu yang saya dapatkan bisa dirasakan juga untuk almarhum kakek di alam kubur. sebagaimana wejangan nabi dalam sabdanya :

"jika anak adam wafat, maka terputuslah amalnya kecuali pada tiga hal : uang sedekahnya yang selalu berputar, ilmunya yang bermanfaat, dan doa anak-anaknya yang saleh."

Komentar